Poltek Ubaya

Visi Misi

Seringkali seseorang berkata bahwa kita harus bekerja secara profesional jika ingin meraih sukses dalam hidup. Namun apakah seseorang itu benar-benar mengerti arti kata profesional?

Seorang yang profesional bisa diartikan sebagai seseorang yang berprofesi sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki oleh orang tersebut. Seorang profesional adalah orang yang menyadari betul arah kemana ia menjurus, mengapa ia menempuh jalan itu, dan bagaimana caranya ia harus menuju sasarannya.

Seorang profesional menyenangi pekerjaannya karena ia bisa mengerjakannya dengan baik. Ia mengerjakannya dengan baik oleh karena ia menyenangi pekerjaan itu. Maka dari itu sebelum memutuskan akan mengambil program studi apa, para calon mahasiswa diharapkan benar-benar bisa memikirkan secara matang supaya nantinya mereka bisa berkarya secara profesional di bidang peminatan yang dia pilih ketika berkuliah.

Dan bukankah hidup ini akan menjadi lebih indah jika seorang profesional bisa berkarya di bidang yang dia sukai sehingga pada akhirnya dia bisa menghasilkan sesuatu untuk dunia dengan skill dan ilmu yang dia miliki.

Visi Politeknik Ubaya adalah “to be the gateway to professionalism”.

Pengertian dari pernyataan visi tersebut adalah:

  • Politeknik Ubaya ingin menjadi pintu gerbang menuju profesionalisme
  • Bahwa bagi setiap orang yang berkeinginan untuk menjadi profesional pada dunia profesi dengan berpegang teguh pada profesionalisme, pasti membutuhkan keterampilan dan pengalaman tertentu yang memadai dan ditunjang dengan karakter profesional sejati.

Misi Politeknik Ubaya adalah “berperan aktif dalam memajukan masyarakat dunia usaha melalui pengembangan Tridharma Politeknik secara berkesinambungan demi kesejahteran umat manusia”. Implementasi dalam mencapai misi tersebut adalah dengan cara:

  • Menghasilkan lulusan pada seluruh jenjang pendidikan vokasional yang memiliki kompetensi (keterampilan dan keahlian) unggul dan berbudi pekerti luhur serta memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan dalam mencapai tujuannya untuk menunjang kemajuan berbagai kegiatan dalam masyarakat dunia usaha.
  • Memajukan kegiatan pengabdian dan penelitian untuk menjadi mitra bagi masyarakat dunia usaha.
  • Membangun karakter komunitas profesional yang menghormati nilai-nilai kehidupan, humanistis, demokratis, yang diwujudkan dalam bingkai kedamaian dan keadilan.

Tujuan yang akan dicapai oleh Politeknik Ubaya adalah “menghasilkan tenaga profesional dalam bidang ilmu pengetahuan terapan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu, teknologi dan/atau seni, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sesuai tuntutan dari masyarakat dunia usaha”.

Politeknik UBAYA adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma III dengan masa studi menggunakan konsep 2 + 1 (2 tahun plus 1 semester), yaitu: 4 semester untuk memahami konsep/teori dan melatih keterampilan diri melalui kegiatan praktik, kemudian pada semester 5, seluruh materi yang didapat harus diterapkan dalam bentuk kuliah magang kerja selama 1 s/d 3 bulan di berbagai perusahaan. Dan pada akhirnya di semester 6 diadakan Ujian Tugas Akhir sebagai syarat kelulusan mahasiswa.

Seringkali seseorang berasumsi bahwa kuliah S1 lebih baik daripada D3 karena pilihan pekerjaan lebih banyak, tetapi jika dipikirkan lebih mendalam, bukanlah lebih baik jika seseorang bisa berkarir bahkan memulai start karirnya di bidang yang telah dia pilih ketika awal perkuliahan.

Bagi calon mahasiswa yang lebih menyukai praktek dan lebih ingin menjadi praktisi daripada seorang akademisi, Politeknik UBAYA adalah tempat yang tepat untuk mengasah dan melatih bakat, minat, potensi dan kemampuan yang sudah ada dalam diri Anda. Selamat berkarya, kuliah singkat, cepat kerja, jelas lebih baik.