Poltek Ubaya

Program Studi Manajemen Pemasaran


Memiliki impian menjadi area sales manager atau regional sales manager atau senior brand/product manager atau market development manager?

Pastikan kamu benar-benar memiliki minat dan bakat di bidang marketing supaya akhirnya kamu bisa dengan cepat menduduki posisi-posisi di atas setelah memberikan dirimu dasar pembekalan ilmu teori dan praktik di Jurusan Manajemen Pemasaran Politeknik UBAYA.

Berikut ini tokoh-tokoh marketing Indonesia dan opininya:

Devi Yosita (Marketing Communication Manager Computer System Division PT Toshiba Visual Media Network Indonesia)

Dunia marketing komunikasi sangat menarik karena sebuah produk bisa diterima oleh konsumen adalah merupakan hasil strategi komunikasi yang disampaikan oleh seseorang di marcomm. “Bila dikaitkan dengan industri saya saat ini, profesi marcomm menjadi sangat dinamis dan tidak pernah membosankan, karena dalam dunia elektronik selalu ada yang baru,” terang penyuka travelling ini.

Fernando Iskandar (Founder & CEO Froggy Edutography)

Dalam dunia marketing, diferensiasi produk harus kuat agar produk yang kita tawarkan memiliki nilai lebih dibandingkan pesaing. Selanjutnya, upaya promosi dan brand awareness terus ditingkatkan untuk memperluas pasar. Demikian diungkapkan Fernando Iskandar, founder sekaligus CEO dari Froggy Edutography saat ditemui di BDS, Tangerang.

Olivia Naida Siahaan (Brand Manager Avolution PT HM Sampoerna Tbk)

Setiap posisi memberikan pengalaman yang berbeda dan selalu memicu diri saya untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan merek-merek yang saya kelola. Saya pun bersemangat, tertantang, dan bangga diberi kepercayaan untuk meng-handle merek tersebut. Sama ketika saya diberi kesempatan untuk memegang Avolution. Menurut dia, kedinamisan industri rokok yang membuat pekerjaan sebagai marketer tidak membosankan.”Bagi saya, it’s not only about understanding the number, but also understanding your target consumers,” tegas penggemas olahraga bowling ini.

Selain itu, dia pun selalu berusaha untuk tidak mencari keterbatasan yang ada, tapi berusaha memaksimalkan apa yang ada di mana pun. Cara tersebut menjadikan banyak hal menjadi lebih menantang dan tidak membosankan. “Pastinya, kita selalu perlu mencari cara make the impossible possible,” kata penganut filosofi “Do what you can, with what you have, where you are” milik Theodore Roosevelt.

 Apakah kamu merasa bahwa jurusan pemasaran adalah jurusan paling tepat untuk mewujudkan impianmu?

Seringkali seseorang menganggap remeh jurusan pemasaran dan berkata bahwa tidak perlu kuliah untuk menjadi seseorang yang sukses di bidang ini, tapi taukah kamu perjuangan yang harus dilakukan seseorang untuk menekuni bidang ini sebelum dia mencapai sukses?

Segala macam perjuangan sebelum mencapai sukses bisa diatasi jika seseorang telah memilih jurusan pemasaran ketika dia kuliah sehingga dia bisa menjalankan pekerjaan ini dengan baik ketika bekerja nanti.

Testimoni lulusan:

Testimoni Robey, Alumni Manajemen Pemasaran Politeknik Ubaya
Robey

Pada awalnya saya ingin kuliah hanya berpikir bagaimana caranya kuliah cepat lulus & cepat dapat gelar, akhirnya setelah ikut test di Balikpapan (Kaltim), saya diterima kuliah di D3 Politeknik UBAYA.

Pada awalnya, saya sempat pesimis apakah dengan gelar D3 akan mudah dapat kerja? Dan apakah dapat bersaing dengan sarjana-sarjana universitas lain?

Dalam proses saya kuliah di Politeknik UBAYA, saya benar-benar terlatih dan terdidik bukan hanya teori tapi lebih ke skill, pola pikir serta mental. Dan ternyata setelah lulus kuliah, ketakutan saya tidak terjadi bahwa saya dapat mampu bersaing dengan sarjana-sarjana universitas lain dan kurang dari sebulan saya langsung dapat pekerjaan di salah satu perusahaan alat berat di Surabaya sebagai marketing.

Saya hanya bekerja 6 bulan, karena saya punya cita-cita sebagai pengusaha muda dimana saya merasa secara mental saya sudah siap terjun ke dunia enterpreneur.

Sekarang saya memiliki usaha di bidang Travelling Organizer & Kuliner. Dengan kapasitas saya sekarang ini saya merasa bersyukur kuliah di Politeknik UBAYA karena di kampus inilah saya telah didewasakan secara pola pikir, potensi diri, mental & skill.

“5 M : Mencoba, Mulai dari hal kecil, Mulai dari sekarang, Melakukan yang terbaik, dan Menjadi yang terbaik”.

Sukses selalu untuk mahasiswa Politeknik UBAYA, khususnya adik-adik mahasiswa Manajemen Pemasaran.

Comments are closed.