Poltek Ubaya

Kurikulum Program Studi Manajemen Pemasaran

Politeknik UBAYA menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi seorang profesional yang memiliki kepribadian matang, kompeten, serta memiliki mindset sebagai pemilik bisnis yang mampu melihat suatu pekerjaan dari sudut pandang yang berbeda.

Marketing dan selling memainkan peran penting dalam menciptakan dan memelihara keunggulan bersaing bagi perusahaan di dalam era bisnis modern pada saat ini. Kedua fungsi tersebut telah digunakan secara global di semua sektor bisnis dan organisasi publik sehingga peluang karir di bidang pemasaran dan penjualan sangat terbuka lebar.

Profil Lulusan

Manajemen Pemasaran menghasilkan lulusan yang menguasai bidang keterampilan dalam customer service, retail management, marketing plan serta marketing research, selling, business communication, negotiation, customer service, dan sales supervision sehingga mampu menjadi tenaga marketing yang profesional.

Visi Program Studi Manajemen Pemasaran adalah menjadi  pemimpin institusi pendidikan profesional di bidang pemasaran.

Misi Program Studi Manajemen Pemasaran adalah:

  • Menjadikan lulusan dalam bidang pemasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis dan industri dalam rangka mewujudkan kesejahteraan umat manusia;
  • Menyelenggarakan penelitian terapan dan pelayanan kepada masyarakat guna membantu pengembangan industri, pemerintah dan masyarakat luas;
  • Mengembangkan suasana akademik di kalangan sivitas akademika yang memungkinkan terjadinya profesionalisme di bidang pemasaran dan kualitas kerja yang tinggi.

Program Studi Manajemen Pemasaran bertujuan menghasilkan tenaga profesional, mampu dan siap pakai di bidang pekerjaan yang berjenjang manajerial (Marketing manager), yaitu memiliki kemampuan analisis dalam mempersiapkan pengambilan putusan taktis dan strategis yang memadukan kekuatan-kekuatan perusahaan dan kesempatan serta peluang pemasaran yang ada, dan atau menghasilkan pemasar-pemasar tangguh yang berperan secara aktif untuk memecahkan masalah-masalah pemasaran dalam perusahaan.

Kuliah Manajemen Pemasaran di Politeknik UBAYA tidak hanya sekedar kegiatan perkuliahan di kampus, mahasiswa juga dibekali dengan kegiatan di luar kuliah untuk membuka wawasan mereka seperti:

  • Kegiatan company visit
  • Kegiatan marketing club
  • Kegiatan praktik kerja di perusahaan
  • Kegiatan lomba akademik dan non akademik (kampus memfasilitasi dan hadiah lomba bisa dinikmati pemenang)

Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik UBAYA menghasilkan lulusan yang menguasai bidang keterampilan penjualan, layanan konsumen, komunikasi bisnis, mengelola armada penjualan, penjualan eceran, merencanakan kegiatan pemasaran serta mempunyai kemampuan manajerial yang baik, berkepribadian yang matang serta berwawasan global

Program Studi Manajemen Pemasaran menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut:

  • Memiliki skill dan kompetensi bidang pemasaran yang sesuai untuk kebutuhan industri sebagai pengguna utama lulusan
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi, lobi dan negosiasi, teknik penyusunan dan presentasi proposal, perancangan iklan, riset pasar, salesmanship, dan aplikasi-aplikasi untuk customer service excellent
  • Memiliki sikap dan perilaku (soft skill) yaitu kejujuran/integritas, kemampuan kerjasama, interpersonal, beretika, motivasi/inisiatif, mudah beradaptasi, dan memiliki kemampuan berwirausaha.

Kurikulum

Desain kurikulum selalu up to date dan dirancang dengan pendekatan competency based dengan melibatkan asosiasi, perusahaan, dalam penyusunannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dunia riil kerja. Kurikulum program studi Manajemen Pemasaran Politeknik UBAYA disusun dengan tujuan untuk menghasilkan profil lulusan yang menguasai bidang keahlian pemasaran, komunikasi, penelitian pasar, mempunyai kemampuan manajerial yang baik serta berkepribadian matang, jujur dan bertanggung jawab.

Manajemen Pemasaran Politeknik UBAYA memiliki 2 penjurusan di semester 4, yaitu Professional Selling dan Creative Marketing for Hotel & Tourism.

Kurikulum lengkap Manajemen Pemasaran bisa didownload di link ini.

Kurikulum
Kurikulum dibagi dalam tiga tahun berdasarkan tingkat kemampuan mahasiswa yang diharapkan pada setiap akhir tahun perkuliahannya sebagai berikut :
Tahun ke I
Kurikulum pada tahun pertama didesain untuk memberikan pengetahuan dasar mengetahui dunia bisnis, prinsip ekonomi dan manajemen secara keterampilan komunikasi dan menjual, mahasiswa juga mampu mengoperasikan program aplikasi komputer pengolah kata dan data.
Tahun ke II
Kurikulum tahun kedua ini didesain agar mahasiswa mampu untuk memimpin tenaga penjualan dan mengelola penjualan eceran, merencanakan kegiatan pemasaran dengan memahami perilaku konsumen, desain distribusi barang dan jasa serta melaksanakan kegiatan pemasaran dengan memahami perilaku konsumen, desain distribusi barang dan jasa serta melaksanakan kegiatan periklanan.
Tahun ke III
Kurikulum tahun ketiga didesain untuk memecahkan kasus pemasaran dan bisnis, melakukan kegiatan penelitian pasar di lapangan, mahasiswa dibekali keterampilan komunikasi bahasa Inggris, selain itu mahasiswa diberi kesempatan melaksanakan kegiatan praktik kerja di berbagai perusahaan.

Lulusan  mempunyai kesempatan untuk menjadi tenaga profesional yang mampu dan siap pakai di bidang pekerjaan berjenjang manajerial (marketing manager), pekerjaan-pekerjaan di bidang pemasaran profesional dan bidang marketing untuk hotel dan pariwisata.