Poltek Ubaya

Secretary Path (My International Career-Sekretaris sebagai karir impian)

Yang paling menarik dari profesi sekretaris adalah luasnya peluang yang bisa dia dapatkan untuk bekerja di segala bidang industri dan usaha karena setiap bidang tersebut pasti membutuhkan tenaga administrasi profesional. Apalagi CAC (Pusat Karir) UBAYA juga mempunyai sesi khusus yang membahas tentang bagaimana mengembangkan karir secara International di sesi “My international career.” Adalah tidak mustahil jika seorang mahasiswa¬†sekretaris UBAYA¬†akhirnya bisa berkarya di karir impian dia di perusahaan asing di Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, dan berbagai negara lain jika dia memiliki ambisi lebih untuk mewujudkan hal itu.¬†Clik di sini untuk mengetahui gambaran sekilas perkuliahan di UBAYA.

Perihal memenangkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan impian tidak sekadar kompetensi hard skill dan soft skill saja. Juga diperlukan kemampuan bersikap profesional supaya pihak perusahaan mau mempercayai dia untuk dapat mengisi posisi itu. Bukankah begitu?

Posisi sekretaris merupakan salah satu posisi terpenting di perusahaan. Image sekretaris secara tidak langsung juga mempengaruhi image perusahaan di mata para koleganya. Karena itulah pihak perusahaan benar-benar melakukan seleksi yang ketat karena mereka menginginkan sekretaris yang mereka pilih tetap bisa menjaga image yang telah terbangun dengan baik.

Perguruan tinggi berkualitas pasti membekali para mahasiswa sekretaris dengan kuliah pengembangan diri yang kental supaya nantinya lulusan bisa membawa dirinya dengan baik di lingkungan pekerjaannya.

“Ini dia yang kita cari. Menarik, smart, dan profesional. Bisa bahasa Mandarin dan fasih berbahasa Inggris. Di CV juga dicantumkan dia berhasil membuktikan kompetensi dia dengan bukti IPK yang tinggi di jurusan sekretaris yang dia ambil, jadi seharusnya dia bisa melakukan pekerjaan ini dengan baik, tidak perlu diajari lagi. Selain itu dia juga aktif kegiatan kemahasiswaan di kampus. Ok, hubungi dia untuk proses wawancara selanjutnya.”

Begitulah sekilas gambaran percakapan yang terjadi di balik proses perekrutan. Apakah kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk wawacancara itu? Sudahkah perguruan tinggi tempatmu berkuliah membekali kamu dengan perihal segala kemampuan yang dituntut pihak perusahaan untuk posisi sekretaris pimpinan mereka? Pembekalan bahasa asing, table manner, Wiraga, pengembangan diri, teknik presentasi, teknik komunikasi, teknik pengaturan perjalanan bisnis, teknik kesekretariatan, dan teknik-teknik lain yang diperlukan sekretaris untuk melakukan pekerjaan dia dengan baik.

~dengan membekali diri dengan bahasa asing yang kuat serta pembinaan di sesi My International Career yang diadakan CAC (Pusat Karir) UBAYA, maka mengembangkan karir ke tingkat international bukanlah sebuah impian.