Poltek Ubaya

Sertifikasi Akuntansi Pelaksana

poltek3Program Studi Akuntansi Politeknik Ubaya telah resmi ditetapkan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk pengujian sertifikasi Teknisi Akuntansi di Jawa Timur oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA) yang resmi terdaftar dalam Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Penetapan tersebut setelah Prodi Akuntansi melalui berbagai proses seleksi dan penilaian kelayakan untuk ditetapkan sebagai TUK Teknisi Akuntansi dan berhasil meraih nilai A.  Jangka waktu penunjukan Politeknik Ubaya sebagai TUK Teknisi Akuntansi adalah selama 5 tahun dan akan diperbaharui kembali.  Sehingga, masyarakat Jawa Timur yang ingin mengikuti sertifikasi Teknisi Akuntansi tidak perlu melakukan pengujian di Jakarta tetapi cukup mendaftar dan melaksanakan ujian di Politeknik Ubaya dan dapat menghemat biaya akomodasi calon peserta.

Sertifikat kompetensi bidang Teknisi Akuntansi Pelaksana adalah suatu tanda penghargaan atas kompetensi seseorang di bidang teknisi akuntansi pelaksana yang diperoleh melalui uji kompetensi di Lembaga Sertifikasi profesi Teknisi Akuntani (LSP-TA). Sertifikat diberikan kepada peserta uji kompetensi teknisi akuntansi pelaksana yang kompeten sesuai ketentuan yang diatur dalam keputusan sertifikasi di atas. Sertifikat ditanda tangani oleh Direktur LSP TA, Ketua Organisasi Profesi (IAI KAPd) dan Manajer Sertifikasi dan masa berlaku sertifikat adalah 5 tahun.

Sertifikasi teknisi akuntansi adalah sertifikasi yang diakui resmi oleh pemerintah dan berada di bawah koordinasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Sertifikat yang akan diberikan dikeluarkan dan diregistrasi oleh negara dan diakui oleh dunia industri serta Ikatan Akuntan Indonesia.

Terdapat 3 (tiga)metode pengujian yang digunakan dalam uji kompetensi Teknisi Akuntansi Pelaksana, metode tersebut meliputi:

  1. Metode pengujian tertulis dilakukan untuk menguji materi uji berupa teori dan portofolio.
  2. Metode pengujian wawancara dilakukan untuk menguji materi uji lisan
  3. Metode pengujian praktik dilakukan untuk menguji praktek akuntansi dan praktik akuntansi terkomputerisasi

Mahasiswa Prodi Akuntansi dan Prodi Perpajakan Politeknik Ubaya setiap tahun harus mengikuti uji kompetensi sertifikasi Teknisi Pelaksana ini, dimana kemampuan mereka di bidang akuntansi pelaksana akan diuji secara resmi oleh LSP Teknisi Akuntansi.  Sertifikat yang akan diterima oleh mahasiswa yang berhasil lulus dalam uji kompetensi ini diterbitkan oleh negara yang diwakili oleh BNSP.  Sertifikat tersebut diakui secara nasional dan dapat memberikan nilai lebih bagi lulusan Politeknik Ubaya.

Pengujian Kompetensi Teknisi Akuntansi ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Politeknik Ubaya tetapi juga dapat diikuti oleh mahasiswa akuntansi diluar Politeknik Ubaya, guru pengajar akuntansi, lulusan SMA/SMK, staff akuntansi di perusahaan maupun masyarakat umum yang memiliki pemahaman dasar mengenai akuntansi.

lsp