Website : http://elib.ubaya.ac.id

Deskripsi :

Sebagai salah satu sarana penunjang akademik memiliki peran cukup strategis dalam penyediaan informasi perkembangan ilmu pengetahuan bagi pengguna dilingkungan civitas akademika Politeknik Ubaya. Perpustakaan sebagai bagian selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik sesuai motto kami untuk menjadi One Stop Information Service Provider dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi yang dapat menunjang pelaksanaan akademis di Politeknik Ubaya.

Visi :

Menjadi mitra penyedia informasi untuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dengan mendukung visi dan misi Politeknik Ubaya

Misi :

Menyediakan informasi ilmiah, mutakhir dan berkualitas untuk mendukung pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara profesional

Pimpinan :

Amirul Ulum, S.Sos., M.IP.

Layanan :

  1. Sirkulasi
    • Jasa layanan sirkulasi terdiri dari jasa peminjaman, perpanjangan dan pengembalian bahan pustaka (buku), serta pemesanan buku yang sedang dalam peminjaman. Layanan ini didukung dengan teknologi informasi sehingga dapat memudahkan penelusuran bahan pustaka serta menunjang layanan perpustakaan secara efektif dan efisien. Salah satu keuntungan adalah pengguna dapat melakukan perpanjangan buku yang dipinjam serta memesan buku yang sedang dipinjam oleh pengguna lain.
  2. Referensi
    • Layanan referensi memberikan jasa layanan berupa penunjukkan, penemuan kembali serta penelusuran informasi baik yang berada di perpustakaan maupun di luar perpustakaan.
      Layanan Referensi yang terdapat di perpustakaan Politeknik Ubaya meliputi :

      1. Jasa Informasi dan Bimbingan Pemakai
      2. Jasa Penelusuran Informasi
      3. Jasa Informasi Terbaru
  3. Audio Visual
    • Seluruh koleksi audio dan visual dapat sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemakai perpustakaan. Selain software yang berisi materi informasi, di ruang audio visual juga menyediakan layanan akses internet dan mini home theater. Jenis layanan yang diberikan bagi pengguna antara lain: Layanan berupa akses software yang ada dengan menggunakan hardware yang telah disediakan, jasa ini dapat digunakan secara individu maupun dalam bentuk kelompok. Akses internet lebih diarahkan untuk penelusuran informasi ilmiah serta koleksi e-journal dan e-book yang dilanggan oleh perpustakaan. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan mini home theater untuk memutar film secara berkelompok untuk materi pembelajaran.
  4. Silang Layan
    • Perpustakaan Politeknik Ubaya melakukan kerjasama dengan perpustakaan / lembaga informasi lainnya sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai. Silang layan antar perguruan tinggi dilakukan oleh pemakai / mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Sarana silang layan ini juga dilakukan atas rujukan petugas bagian informasi apabila informasi yang diinginkan pemakai tidak terdapat di perpustakaan Politeknik Ubaya. Pemakai dari Politeknik Ubaya yang akan memanfaatkan jasa silang layan dapat meminta surat pengantar ke bagian administrasi sesuai dengan tujuan perpustakaan / lembaga yang bersangkutan. Demikian halnya untuk pemakai dari luar Politeknik Ubaya juga diwajibkan membawa surat pengantar apabila hendak memanfaatkan jasa silang layan tersebut.
  5. Promosi
    • Promosi merupakan salah satu kegiatan perpustakaan bertujuan untuk memperkenalkan, mendorong civitas akademika mengetahui dan selanjutnya memanfaatkan. Beberapa kegiatan yang rutin dilakukan adalah pengenalan perpustakaan kepada mahasiswa baru, penelusuran artikel jurnal dan juga melakukan kegiatan yang mendorong pengguna cinta perpustakaan seperti pelatihan perpustakaan, rekrutmen volunteer dari mahasiswa.
  6. Prestasi
    • Perpustakaan Politeknik Ubaya didukung oleh pustakawan yang memiliki kemampuan membantu pengguna untuk memenuhi kebutuhan informasi secara cepat dan tepat. Kemampuan pustakawan dapat dibuktikan dengan prestasi yang dicapai diantaranya pustakawan Politeknik Ubaya meraih Juara I Lomba Pustakawan Berprestasi tingkat Jawa Timur tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional dan Juara III Pustakawan Berprestasi tingkat Jawa Timur 2012 yang diselenggarakan oleh DIKTI.
  7. Kerjasama
    • Perpustakaan Politeknik Ubaya telah menjalin kerjasama dengan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu bentuk kerjasama yang secara aktif diikuti adalah menjadi anggota Forum Kerjasama Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI). Kerjasama ini memiliki keuntungan dan manfaat bagi pengguna perpustakaan Politeknik Ubaya sehingga dapat dengan mudah untuk berkunjung serta memanfaatkan fasilitas dan koleksi di perpustakaan perguruan tinggi lainnya.
  8. Waktu Layanan
    • Senin s.d. Jum’at pkl. 08.15 – 19.00
    • Sabtu pkl. 08.15 – 11.30