Poltek Ubaya

Beasiswa

Politeknik UBAYA yang bertujuan untuk  “menghasilkan tenaga profesional dalam bidang ilmu pengetahuan terapan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu, teknologi dan/atau seni, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sesuai tuntutan dari masyarakat dunia usaha” dalam hal ini memberikan bantuan berupa keringanan biaya kuliah melalui BEASISWA.

Berbagai beasiswa lain yang tersedia meliputi:

A. Beasiswa yang diajukan sebelum diterima menjadi mahasiswa Politeknik UBAYA:

  • Beasiswa karyawan UBAYA, yaitu beasiswa berupa potongan biaya kuliah dan uang gedung bagi keluarga karyawan UBAYA. Besarnya potongan biaya sesuai dengan lamanya masa jabatan karyawan.
  • Beasiswa keluarga besar UBAYA, yaitu beasiswa berupa potongan uang kuliah dan uang gedung selama masa studi normal bagi calon mahasiswa yang memiliki kerabat kandung yang merupakan alumni UBAYA
  • Beasiswa sosial ekonomi, yaitu beasiswa berupa potongan uang kuliah dan uang gedung hingga 100%. Beasiswa ini berlaku hingga mahasiswa tersebut lulus dan selama bisa mempertahankan IP sesuai standar yang ditetapkan Politeknik UBAYA.
  • Beasiswa prestasi non akademik, yaitu beasiswa berupa pembebasan uang kuliah dan uang gedung hingga 80%. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang paduan suara dan olahraga (Basket, Wushu, Renang, Bridge, dan Futsal).
  • Beasiswa prestasi lomba akademik UBAYA, beasiswa yang diberikan kepada mereka yang memenangkan lomba akademik yang diselenggarakan UBAYA. Beasiswa berupa pembebasan uang gedung untuk juara 1, potongan uang gedung sebesar 50% untuk juara 2, dan potongan uang gedung sebesar 25% untuk juara 3.
  • Beasiswa Prof. Mr. R. Boedisoesetya, yaitu beasiswa berupa pembebasan uang gedung dan potongan uang kuliah sebesar 50% selama masa studi normal. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam Tes Potensi Akademik yang diselanggarakan sebagai ujian masuk.
  • Beasiswa prestasi lomba akademik, yaitu beasiswa yang ditujukan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi pada lomba bidang studi-karya ilmiah tingkat international, tingkat propinsi, dan tingkat kota atau kabupaten.
  • Beasiswa Studi KaryawanSebagai bentuk kepedulian terhadap usaha peningkatan kualitas SDM dunia Bisnis & Industri, Politeknik UBAYA membuka  Program Baru yaitu BEASISWA STUDI KARYAWAN dan memberi beasiswa hingga 100% kepada karyawan yang masih berpendidikan SMA/ Sederajat untuk lanjut Studi  D-3 bidang Akuntansi Komputer, Profesional Selling, Administrasi Bisnis, Bahasa Inggris Bisnis, Perpajakan Profesional.Kuliah malam jam 18.00-21.30 WIB. Informasi lebih lanjut hubungi 2981183/2981184 sms Hotline (082132389590).Syarat–syarat beasiswa studi karyawan sebagai berikut:
    1.  Surat permohonan beasiswa studi karyawan ditujukan ke Direktur Politeknik UBAYA;
    2.  Surat Rekomendasi dari Perusahaan;
    3.  Foto Copy Slip Gaji;
    4.  Legalisir Ijazah;
    5.  Wawancara dengan Direktur Politeknik UBAYA;
    6.  Foto 3×3 (sebanyak 2 lembar berwarna).

B. Beasiswa yang diajukan setelah diterima menjadi mahasiswa Politeknik UBAYA:

  • Beasiswa penghargaan untuk prestasi terbaik, yaitu beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang memperoleh IP tertinggi di jurusan seangkatan dia. Bentuk beasiswa yang diberikan berupa pembebasan uang kuliah selama 1 semester. Beasiswa ini akan tetap dilanjutkan jika mahasiswa tersebut tetap bisa mempertahankan prestasinya sebagai IP tertinggi.
  • Beasiswa aktivis, yaitu beasiswa berupa uang sebesar 1 Juta rupiah untuk mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi dan memiliki IP baik.
  • Beasiswa student employee, yaitu beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan tambahan uang saku dengan meluangkan waktu untuk magang kerja di Unit-unit UBAYA yang membutuhkan. Besarnya disesuaikan dengan lamanya jam kerja yang diberikan oleh mahasiswa tersebut.

BEASISWA Sosial Ekonomi/Bidik Misi  (khusus bagi mereka yang kurang mampu)

Politeknik Ubaya menyadari bahwa mahasiswa adalah generasi pemimpin bangsa, untuk itu sebagai wujud komitmen Politeknik Ubaya dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di Indonesia, Politeknik Ubaya memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi tapi dengan tingkat ekonomi kurang untuk bisa menikmati kesempatan meraih pendidikan tinggi dan menggapai cita-citanya.

Bentuk beasiswa yang diberikan:

  • Pembebasan 20% – 100% USP dan
  • Pembebasan 20% – 100% UPP selama masa studi normal

Persyaratan:

  1. Mengajukan surat permohonan ditujukan Direktur Politeknik Ubaya yang berisikan keterangan/alasan mengapa ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Ubaya pada jurusan tersebut
  2. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan disahkan oleh camat
  3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan prestasi dan kendala siswa dalam pembiayaan studi lanjut
  4. Slip gaji orang tua (jika orangtua tidak mempunyai gaji tetap, maka cukup dibuktikan dengan surat pemohonan pada butir 1)
  5. Legalisasi fotokopi raport kelas 10 dan 11 (raport kelas 12 bagi yang telah lulus)
  6. Fotokopi rekening air, listrik, telepon (3 bulan terakhir)
  7. Fotokopi PBB
  8. Fotokopi KSK (Kartu keluarga)

Ketentuan bagi penerima beasiswa setelah menjadi mahasiswa:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang harus dicapai setiap semester adalah sebesar ≥2.50
  2. Tidak pernah mengajukan Berhenti Studi Sementara (BSS) atau Mundur Studi Sementara (MSS)

 

Politeknik UBAYA
Lokasi: Kampus I UBAYA, Jl. Ngagel Jaya Selatan 169, Surabaya 60284
Telepon: (031) 298 1180/1183/1184
Fax: (031) 298 1185
Email: poltek@ubaya.ac.id