Kurikulum Program Studi Akuntansi

Politeknik UBAYA menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi seorang profesional yang memiliki kepribadian matang, kompeten, serta memiliki mindset sebagai pemilik bisnis yang mampu melihat suatu pekerjaan dari sudut pandang yang berbeda.

Akuntansi adalah business language artinya bahasa yang digunakan dalam kegiatan bisnis sehari-hari sehingga setiap organisasi bisnis pasti membutuhkan akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa selama masih ada bisnis, tenaga akuntansi tetap dibutuhkan. Pengakuan mengenai proses dan fasilitas pembelajaran di Program Studi Akuntansi Politeknik UBAYA diperkuat dengan ditunjukkan Program Studi Akuntansi sebagai tempat Ujian Sertifikat Teknik Akuntansi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA) yang berada di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Program Studi Akuntansi menyelenggarakan kelas reguler (pagi) dan kelas profesional (malam).

Keunggulan Program Studi Akuntansi Politeknik UBAYA

Sertifikasi Teknik Akuntansi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi dan Sertifikasi Microsoft Office dari E-biz (perwakilan Resmi Microsoft Corp. di Indonesia).

Kurikulum yang diterapkan oleh Politeknik Ubaya telah dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa Politeknik Ubaya memiliki peluang memasuki dunia kerja lebih awal (2 tahun kuliah, 1 semester magang kerja (semester 5) dan semester 6 dikhususkan hanya untuk sidang tugas akhir saja sehingga mahasiswa yang lulus sidangĀ  bisa langsung mengajukan surat lulus sementara dan memulai kehidupan barunya di dunia kerja).

Visi Program Studi Akuntansi adalah menjadi program studi yang kompetitif dalam pembelajaran Akuntansi.

Misi Program Studi Akuntansi adalah menjadikan mahasiswa memiliki landasan keahlian dan ketrampilan yang mantap di bidang Akuntansi, Auditing, Keuangan dan Perpajakan serta kemampuan soft skills.

Program studi ini bertujuan menghasilkan tenaga profesional, mampu dan siap pakai dalam bidang pekerjaan yang berjenjang manajerial (Accounting manager), yaitu yang berkemampuan mengolah data akuntansi menjadi laporan keuangan, menyajikan dan menganalisis informasi akuntansi, mampu melaksanakan tugas di bidang pemeriksaan (audit), serta memiliki keahlian dan ketrampilan di bidang keuangan dan perpajakan yang berbasis pada penggunaan teknologi informasi.

Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, maka Program Studi Akuntansi diharapkan akan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut:

  • Menguasai bidang keahlian Akuntansi, Auditing, Keuangan dan Perpajakan yang ditunjang dengan keterampilan berkomunikasi serta kemampuan mengoperasikan komputer;
  • Mampu menerapkan keahliannya di bidang Akuntansi, Auditing, Keuangan dan Perpajakan untuk menyusun laporan keuangan, melakukan pemeriksaan (audit), menganalisis data keuangan untuk pengambilan keputusan serta mengisi SPT Masa dan Tahunan PPh dan PPN;
  • Memiliki kemampuan bekerja mandiri sesuai bidang keahliannya serta memiliki kepribadian yang matang, jujur dan bertanggung jawab untuk mengisi jabatan-jabatan berjenjang manajerial.

Kurikulum Program Studi Akuntansi disusun berdasarkan kebutuhan dunia industri dan selalu dilakukan update kurikulum supaya kualitas lulusan bisa mengimbangi perkembangan kebutuhan dunia industri yang semakin berkembang.

Metode Pembelajaran
Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa, Program Studi Akuntansi Politeknik UBAYA melakukan proses pembelajaran dengan sistem perkuliahan di dalam kelas dalam bentuk tutorial, tanya jawab, diskusi, presentasi individu dan kelompok, latihan kasus dan simulasi bisnis, sedangkan di luar kelas dalam bentuk visitasi ke perusahaan, praktik kerja, seminar dan adanya kuliah dosen tamu dari kalangan praktisi bisnis.

Kurikulum
Kurikulum dibagi dalam tiga tahun berdasarkan tingkat kemampuan mahasiswa yang diharapkan pada setiap akhir tahun perkuliahannya sebagai berikut:
Tahun I
Kurikulum pada tahun pertama disusun agar mahasiswa memiliki kemampuan dalam memahami dan menyusun laporan keuangan perusahaan secara sederhana, serta memahami secara sederhana tentang perpajakan.
Mahasiswa juga dibekali keterampilan tentang MS Word, Power Point, Windows, Internet dan kemampuan untuk berbahasa Inggris pasif. Dengan pembekalan mata kuliah pada tahun pertama, mahasiswa dapat berkompeten menduduki posisi sebagai staf operasional accounting.
Tahun II
Kurikulum pada tahun kedua disusun dengan tujuan supaya mahasiswa mampu untuk menyusun laporan keuangan secara lebih kompleks, memahami tentang perpajakan lebih mendalam, dan mengetahui audit secara sederhana. Selain itu mahasiswa juga dibekali keterampilan tentang MS Excell, Access, dan kemampuan untuk berbahasa Inggris aktif. Dengan pembekalan mata kuliah pada tahun kedua, mahasiswa dapat menduduki posisi sebagai staf di bidang akuntansi, keuangan, perpajakan, dan administrasi.
Tahun III
Kurikulum pada tahun ketiga disusun supaya mahasiswa mampu untuk menyusun, menganalisis dan mengaudit laporan keuangan secara lebih kompleks dan terkomputerisasi. Dengan pembekalan mata kuliah pada tahun ketiga, mahasiswa dapat menduduki posisi sebagai staf, supervisor, ataupun kepala bagian di bidang akuntansi, audit, keuangan, dan perpajakan.

Peluang Karir
Lulusan yang sukses dengan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kompetensi dapat bekerja di bidang akuntansi, administrasi, keuangan, pajak, perbankan, akuntansi biaya, internal auditor, eksternal auditor, pada semua jenis perusahaan dan bidang usaha.

Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan didapatkan mahasiswa ketika berkuliah di Program Studi Akuntansi Politeknik UBAYA:

  • Pengantar Akuntansi
  • Pengantar Ekonomi
  • Pengantar Bisnis
  • Bahasa Inggris Ekonomi
  • Matematika Ekonomi
  • Akuntansi Keuangan
  • Hukum Pajak
  • Pengantar Manajemen Keuangan
  • Pengantar Aplikasi Komputer
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Akuntansi Biaya
  • Penganggaran
  • Perpajakan
  • Kewirausahaan
  • Akuntansi Perpajakan
  • Akuntansi Manajemen
  • English Communication Skill
  • Analisis Laporan Keuangan
  • Simulasi Bisnis
  • Komputer Akuntansi
  • dan masih banyak lagi ilmu dan praktek yang akan didapatkan mahasiswa sehingga mereka bisa siap untuk langsung bekerja ketika lulus nanti