Poltek Ubaya

Kurikulum Program Studi Bahasa Inggris Bisnis

Program Studi Bahasa Inggris Bisnis bertujuan menghasilkan profesional yang mampu beradaptasi dalam perkembangan dunia bisnis di era teknologi dan informasi. Hal ini disebabkan para lulusan telah memperoleh bekal kemampuan Bahasa Inggris di bidang bisnis yang prima, serta kompetensi skill bisnis yang memadai, seperti: export import, public speaking, entrepreneurship, customer service, dan public relations.

Selain itu para lulusan juga mempunyai kemampuan leadership dan karakter yang baik. Pembentukan kurikulum program studi Bahasa Inggris Bisnis juga melibatkan para asosiasi profesi dan pelaku bisnis sehingga kurikulum yang dirancang memang bersifat praktis dan aplikatif untuk memfasilitasi para mahasiswa agar menjadi profesional yang siap memenuhi kebutuhan bisnis dan industri. Selain itu para mahasiswa juga dibekali dengan program pembentukan karakter, pelatihan kepemimpinan, serta kegiatan praktik kerja di semester enam.

Program studi Bahasa Inggris Bisnis ada untuk memfasilitasi para calon mahasiswa yang tertarik belajar seluk beluk dunia bisnis, baik bisnis di Indonesia maupun dunia bisnis International dan sekaligus fasih berbahasa Inggris.

Profil lulusan

Lulusan mempunyai kompetensi skill bisnis yang memadai terutama di bidang perdagangan internasional, serta mempunyai kemampuan manajerial, kepemimpinan, dan karakter yang baik.

Peluang karir

Lulusan prodi Bahasa Inggris Bisnis memiliki peluang berkarir di dunia perdagangan internasional, seperti perusahaan ekspor impor dan freight forwarding, shipping lines, dan trading. Selain itu para lulusan juga memiliki peluang berkarir di bidang perusahaan jasa, sebagai public relations officer dan customer service officer. Lulusan juga dapat berkarir sebagai entrepreneur.

Visi Program Studi Bahasa Inggris Bisnis adalah menjadikan Program Studi Bahasa Inggris Bisnis ini sebagai program profesional yang unggul dalam bidang komunikasi Bahasa Inggris yang lulusannya mampu menerapkan ketrampilan bahasa inggrisnya ke dunia bisnis serta mampu bersaing secara nasional maupun internasional/global dalam membuat peluang yang ada dengan memberikan wawasan aplikatif agar pendidikan ini dirasakan manfaatnya.

Misi Program Studi Bahasa Inggris Bisnis adalah:

  • Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang bahasa Inggris untuk masyarakat Indonesia.
  • Menyiapkan tenaga profesional yang trampil berbahasa Inggris dengan kekhususan dalam bidang bisnis, sehingga dapat sukses dalam pasar tenaga kerja.
  • Memberikan kemampuan untuk dapat mengintegerasikan keterampilan bahasa Inggris dengan bidang-bidang pekerjaan yang mempergunakan bahasa Inggris dalam aktifitas bisnis dan industri.
  • Mempergunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua dalam kegiatan belajar mengajar sebagai dasar/alat komunikasi untuk menjadi kampus dengan dua bahasa (bilingual campus) menjadi kenyataan.
  • Memberikan bekal bagi mahasiswa untuk mampu mengembangkan ilmu dan profesinya dengan mengikuti pendidikan lanjutan yang relevan.

Program Studi Bahasa Inggris Bisnis bertujuan menghasilkan lulusan yang menguasai bidang keahlian bahasa Inggris di bidang bisnis, memiliki pengetahuan export import, komunikasi bisnis, kehumasan serta negosiasi di bidang bisnis, mempunyai kemampuan manajerial yang baik, berkepribadian matang serta berwawasan global dan  memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris dengan kekhususan bahasa Inggris di bidang perdagangan internasional sesuai yang diharapkan oleh perusahaan/industri.

Program Studi Bahasa Inggris Bisnis menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut:

  • Menguasai bidang keahlian bahasa Inggris di bidang bisnis yang ditunjang keterampilan berkomunikasi dan kemampuan mengoperasikan komputer;
  • Memiliki kemampuan bekerja mandiri serta kepribadian yang matang, jujur dan bertanggung jawab untuk mengisi jabatan-jabatan berjenjang manajerial;
  • Mampu mengamati, menganalisis dan menerapkan pengetahuan untuk melakukan praktik di bidang bisnis dan perdagangan internasional.

Kurikulum Program Studi Bahasa Inggris Bisnis (Business English) dirancang dengan pendekatan competency-based dengan melibatkan asosiasi, perusahaan dan pakar agar dapat memenuhi kebutuhan praktis dan riil di dunia bisnis dan industri. Bahkan perkuliahan di prodi ini disampaikan dalam bahasa Inggris kecuali mata kuliah umum agar tujuan kurikuler prodi ini dapat dicapai secara lebih efektif.

Kurikulum
Kurikulum dibagi dalam tiga tahun berdasarkan tingkat kemampuan mahasiswa yang diharapkan pada setiap akhir tahun perkuliahannya sebagai berikut :
Tahun ke I
Kurikulum pada tahun pertama dirancang untuk penguasaan keterampilan dasar berbahasa Inggris dalam arti menyimak, wicara, membaca, menulis, dan tata bahasa yang berkaitan dengan aktivitas bisnis serta pengoperasian komputer dalam hal pengolahan data dan kata.
Tahun ke II
Kurikulum tahun kedua ini  dirancang agar mahasiswa mampu berdialog, berdiskusi dan berdebat tentang berbagai topik bisnis dalam bahasa Inggris serta mampu mempresentasikan topik-topik bisnis dalam bahasa Inggris, mampu menerjemahkan berbagai dokumen/bahan yang terkait dalam aktivitas bisnis, mampu menerapkan pengetahuan dasar mengenai dunia bisnis termasuk perekonomian Indonesia, mampu berkomunikasi dengan menerapkan teknik-teknik komunikasi dan operasional kehumasan yang baik serta mampu menerapkan pengetahuan, dasar tentang bisnis internasional, lintas budaya dalam bisnis,  serta etika bisnis.
Tahun ke III
Kurikulum tahun ketiga dirancang agar mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dunia kerja nyata, mampu menganalisis data dan menyusun serta menyajikan data serta mampu berkomunikasi lisan dalam bahasa asing lain yang berhubungan dengan kegiatan bisnis di Asia.

Peluang Karir
Setelah menyelesaikan pendidikan pada program studi ini, lulusan program studi bahasa Inggris Bisnis dapat bekerja pada jenjang manajerial di bidang Public Relations, Export Import serta bisa juga menjadi penerjemah dan negosiator bisnis.

Prospek Kerja
Kebutuhan akan tenaga terampil yang mampu berkomunikasi bahasa Inggris di bidang bisnis terbuka sangat lebar. Dengan adanya kerjasama dengan perusahaan dan industri di Surabaya, dosen-dosen praktisi (direktur/manajer yang mengajar di program bahasa Inggris Bisnis), reputasi UBAYA serta lembaga CAC UBAYA akan sangat membantu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan.

Kurikulum prodi ini dirancang supaya mahasiswa bisa mendapatkan ilmu yang diajarkan hanya dalam waktu 2 tahun dan pada semester 5 mereka bisa magang kerja untuk mempraktekkan skill dan ilmu mereka di perusahaan. Dan pada semester 6 mereka tinggal sidang Tugas Akhir saja.

Prodi ini juga dikenal sering mengadakan kuliah dosen tamu, mengirimkan perwakilan dosennya ke seminar dan konferensi International untuk membekali mahasiswanya dengan informasi update yang terjadi di dunia luar.

Berikut ini beberapa mata kuliah yang menjadi ciri khas Prodi Bahasa Inggris Bisnis Politeknik UBAYA:

  • Business simulation
  • International Economics
  • International Business
  • International Supply Chain Management
  • Export-Import
  • Leadership
  • Business and Professional Ethics
  • Business Cross Culture
  • Global Ethics
  • Business Economy in Asia Pasific
  • Business Economy in South East Asia
  • Indonesian Economy
  • Entrepreneurship
  • Business Law
  • Money & Banking
  • Intensive English Course
  • Accounting Principles
  • Introduction to Business
  • Mandarin I-II
  • Excellent Relations
  • and many more about Business

Ruang kuliah, Tata Usaha, ruang dosen, dan lingkungan perkuliahan didesain dengan nuansa modern sehingga tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih profesional dan mengingatkan mahasiswa bahwa mereka berkuliah di Indonesia tetapi serasa di luar negeri.