Poltek Ubaya

Hadirkan tax center sebagai fasilitas unggulan

Sebagian besar orang masih asing dengan ilmu perpajakan. Hal tersebut mungkin disebabkan kurangnya informasi tentang pajak. Padahal pajak merupakan sumber utama pendapatan negara yang digunakan untuk menopang pelaksanaan pembangunan negara. Poltek UBAYA merupakan salah satu perguruan tinggi yang cukup concern dengan pajak dan membuka jurusan Perpajakan.

Politeknik UBAYA memiliki 5 program studi, salah satunya adalah jurusan Perpajakan. Jurusan Perpajakan bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional dalam bidang manajerial dengan kemampuan di bidang perpajakan (merencanakan, menghitung, melaporkan, dan memahami teknik-teknik pemeriksaan pajak), serta dapat bekerja secara mandiri di bidang perpajakan.

Kurikulum

Kurikulum yang diberikan jurusan ini tidak hanya membahas tentang pajak, di sini mahasiswa juga diajarkan mengenai kewirausahaan, kepemimpinan, dan softskill lainnya.

Materi kuliah yang diberikan di jurusan ini antara lain: Dasar-dasar akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pajak, Pemeriksaan (Auditing), Ketentuan umum perpajakan, Pajak Penghasilan Pribadi dan Badan, Pajak Pertambahan Nilai, Perencanaan Pajak, Pemeriksaan Pajak, Perpajakan International, Komputer, Kewirausahaan, Kepemimpinan, Bahasa Inggris, Komunikasi bisnis, Simulasi bisnis, dan Perbankan.

Fasilitas

Salah satu fasilitas unggulan dari Jurusan Perpajakan Poltek UBAYA adalah Tax Center. Di sini, para mahasiswa yang merasa kesulitan atau kurang paham mengenai materi yang diberikan bisa bertanya ke Tax Center dengan tenaga pengajar yang sangat kompeten di bidangnya.

Selain itu, jurusan ini juga menyediakan laboratorium khusus untuk menghitung pajak supaya mahasiswa bisa menjadi semakin fokus dalam proses belajar mereka.

Sambutan Ketua Program Studi Perpajakan Poltek UBAYA

(Drs. Norbetus Purnomolastu, M.M., Ak)

Seiring dengan kemajuan jaman, jurusan perpajakan semakin banyak diminati, bahkan sekarang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dipenuhi oleh sektor perpajakan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara terbesar. Ketika sumber penggalian negara semakin besar, makin banyak pula diperlukan orang untuk menangani masalah perpajakan, baik di pemerintahan maupun swasta. Bahkan, banyak perusahaan yang juga mempunyai divisi pajak sendiri sekarang ini sehingga peluang karir di bidang pajak benar-benar sangat besar.