Poltek Ubaya

Permintaan Sekretaris Semakin Tinggi Tiap Tahunnya

Menjadi seorang sekretaris tidak semudah yang dibayangkan. Mereka harus berpenampilan menarik, kreatif, disiplin, dan mampu berkomunikasi dengan semua orang, termasuk klien perusahaan.

Pekerjaan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena setiap perusahaan yang sibuk dan besar pasti lebih ingin ada seseorang yang bisa menghandle kegiatan administrasi mereka dengan baik. Perusahaan juga membutuhkan sekretaris untuk meng-handle jadwal para atasan, menyiapkan meeting mereka, presentasi, meng-handle acara-acara perusahaan (event), dan masih banyak hal lainnya untuk mempermudah pekerjaan atasan/pimpinan.

Jurusan Sekretari Poltek UBAYA adalah tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menjadi sekretaris yang profesional. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi sekretaris pimpinan/jajaran direksi mereka di Poltek UBAYA. Sebagai informasi, posisi sekretaris tidak hanya diduduki oleh perempuan, sekarang ini juga banyak perusahaan yang mulai melirik sekretaris pria untuk meng-handle administrasi mereka.

Poltek UBAYA adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu bagaimana menjadi seorang sekretaris yang baik. Program studi yang sudah berpengalaman selama 18 tahun di bidang pendidikan sekretaris ini juga melahirkan lulusan-lulusan yang handal. Berikut ini sedikit ulasannya.

Kurikulum

Kurikulum Jurusan Sekretari Poltek UBAYA dibuat dengan sistem pembelajaran yang bersifat praktis dan aplikatif dengan jangka waktu 3 tahun. Selama lima semester, mahasiswa akan dibekali ilmu administrasi perkantoran, mengatur jadwal, kearsipan, mengatur perjalanan bisnis, public relation, pengembangan diri, mengatur penampilan dengan baik, dll. Pada liburan semester kelima, mahasiswa juga melaksanakan praktik kerja di perusahaan selama 2-3 bulan.

Selain itu, mahasiswa program studi sekretari juga mendapatkan soft skill sehingga mempunyai karakter yang kuat serta inisiatif yang baik. Setiap tahunnya, permintaan lulusan sekretari banyak datang dari perusahaan besar sehingga prospek kerjanya sangat bagus.

Fasilitas

Dalam pembelajarannya, Jurusan Sekretari Poltek UBAYA menyediakan berbagai ruangan untuk menunjang proses pembelajaran, seperti: ruang laboratorium pengetikan manual dan elektrik, lab perkantoran, multimedia, lab komputer, lab bahasa, perpustakaan, hingga ruang simulasi kesekretariatan.

Prospek

Lulusan Jurusan Sekretari memiliki peluang berkarir di berbagai bidang bisnis dan industri seperti: office manager, sekretaris pimpinan, legal administrasi officer, assistant executive, senior secretary for Vice President, GM, Manager, dan masih banyak lagi (sesuai dengan penamaan perusahaan bagi posisi sekretari).

Testimoni lulusan:

Eva Maya Sabatini, A.Md Sekretaris direksi PT Pelindo III (Persero) Alumni Program Studi Sekretari (Angk. 2007) Pendidikan di Politeknik UBAYA

Eva Maya Sabatini - Sekretaris direksi PT Pelindo III (Persero)

Saya sudah tertarik dengan Prodi Sekretari ketika pertama kali mendaftar kuliah di Politeknik UBAYA.

Seluruh mata kuliah yang diberikan di Prodi Sekretari merupakan mata kuliah aplikatif dan sangat bermanfaat ketika menghadapi dunia kerja sesungguhnya.

Saya mendapat beberapa mata kuliah bahasa asing, antara lain Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin yang benar-benar saya rasakan manfaatnya ketika menghadapi para ekspatriat di lingkungan kerja dimana kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa asing merupakan salah satu syarat menghadapi dunia kerja seperti saat ini. Selain itu ada juga mata kuliah komputer yang diberikan dengan mempelajari berbagai macam program aplikasi yang sangat menunjang untuk pekerjaan sekretaris.

Ketika berkuliah, saya juga belajar materi beauty class, wiraga dan table manner yang memberikan wawasan dan pengetahuan bagaimana kita berpenampilan dan menghadapi jamuan makan.

Pada semester lima, terdapat mata kuliah simulasi bisnis yang melatih mahasiswa sekretari untuk praktek bekerja di kelas simulasi bisnis. Selain itu, saya juga mempelajari mata kuliah export import, public relation, akuntansi dll.

Pada semester akhir, mahasiswa sekretari melaksanakan praktik kerja/on the job training (OJT) di perusahaan-perusahaan untuk belajar mengaplikasikan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat selama berkuliah. Pada waktu itu saya melaksanakan praktik kerja di Management Office salah satu mall di Surabaya sebagai sekretaris HR Manager.

Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja
Selama melaksanakan praktik kerja, saya benar-benar dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama berkuliah. Selain itu saya juga mendapatkan banyak pengalaman, diantaranya adalah bagaimana cara kita berkomunikasi di lingkungan kantor dan bagaimana cara memecahkan permasalahan yang terjadi di tempat kerja dengan baik.

Ketika sedang praktik kerja, saya telah banyak mendapat tawaran dari beberapa perusahaan untuk bekerja di perusahaan mereka setelah lulus.

Ketika lulus, saya langsung dipercayai PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk untuk menduduki posisi Sekretaris Departemen Penjualan dan Layanan. Setahun sesudahnya, saya diterima di PT Pelindo III (Persero) sebagai Sekretaris Direksi hingga saat ini. Berbagai keterampilan dan ilmu yang saya dapat selama berkuliah di Prodi Sekretari Politeknik UBAYA benar-benar membekali saya ketika menghadapi dunia kerja sebenarnya. Hidup Prodi Sekretari.