Poltek Ubaya

Kurikulum Program Studi Sekretari

Semua fungsi yang ada di dalam manajemen/departemen/divisi suatu bisnis dan industri sangat membutuhkan tenaga administrasi dan kesekretariatan serta kesekretarisan. Program studi Sekretari Politeknik UBAYA menyiapkan lulusan yang berkompetensi dalam bidang administrasi, kesekretarisan sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis dan industri.

Profil Lulusan

Menghasilkan lulusan yang menguasai bidang keahlian administrasi perkantoran dan tugas-tugas kesekretarisan, manajemen perkantoran, memiliki keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dapat menggunakan bahasa Mandarin serta memiliki keterampilan mengoperasikan komputer untuk menunjang tugas kesekretarisan serta memiliki kepribadian yang matang, jujur dan bertanggung jawab serta berpenampilan menarik.

Peluang karier

Lulusan Program Studi Sekretari dan Administrasi Bisnis memiliki peluang berkarir di berbagai bidang bisnis dan industri antara lain: Manajer Kantor, Sekretaris Direksi, Sekretaris Eksekutif, Sekretaris Manager atau Departemen/Divisi, Sekretaris Direktur, Customer Service Office, Service Assistant, Public Relation, Staf Administrasi, Staf Business Center, Legal Administrative Assistant, Personal Assistant, dan profesi lain yang membutuhkan keahlian kesekretariatan.

Visi Program Studi Sekretari adalah menjadi penyelenggara pendidikan sekretari unggulan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berwawasan global.

Misi Program Studi Sekretari adalah mengembangkan potensi mahasiswa agar dapat menjadi Tenaga Profesional di bidang administrasi perkantoran modern/kesekretarisan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi Sekretari bertujuan menghasilkan tenaga profesional untuk mengisi jabatan-jabatan berjenjang manajerial dengan kemampuan bekerja sendiri, mampu mengamati, menganalisis dan mengamalkan pengetahuannya untuk melakukan pekerjaan praktik di bidang administrasi perkantoran/kesekretarisan.

Program Studi Sekretari Politeknik UBAYA menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan, keterampilan, serta kepribadian:

  • Kesekretariatan seperti manajemen arsip baik manual maupun komputerisasi, korespondensi bahasa Indonesia dan Inggris, manajemen perkantoran, dll
  • Berkomunikasi secara aktif baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, Mandarin (pasif)
  • Mampi mengaplikasi komputer seperti word, excell, access, power point
  • Pengetahuan tentang export import & perbankan, akuntansi, statistik,¬† manajemen bisnis, dan pemahaman lintas budaya
  • Kepribadian yang menarik dan matang serta memiliki etika dan etiket pergaulan yang memadai untuk memasuki dunia bisnis dan industri

Program Studi Sekretari menghasilkan lulusan agar menjadi seorang Sekretaris Profesional yang memiliki profil, sebagai berikut:

  • Menguasai bidang kesekretariatan dan administrasi perkantoran yang ditunjang keterampilan berkomunikasi, kemampuan mengoperasikan komputer dan;
  • Memiliki kemampuan bekerja mandiri serta kepribadian yang matang, jujur dan bertanggung jawab untuk mengisi jabatan-jabatan berjenjang manajerial;
  • Mampu mengamati, menganalisis dan menerapkan pengetahuan untuk melakukan praktik di bidang administrasi perkantoran/ kesekretarisan.

Bekerja sama dengan para pelaku bisnis, industri serta asosiasi profesi, program studi Sekretari Politeknik Ubaya mengembangkan kurikulum yang mampu memenuhi tuntutan kebutuhan dunia bisnis dan industri.

Kurikulum Prodi Sekretari Politeknik UBAYA dirancang supaya bisa dihasilkan lulusan yang bisa mencerminkan citra profesional dalam hal berpenampilan, sikap, kepribadian, kemampuan komunikasi interpersonal baik lisan maupun tulisan (dalam bahasa Inggris dan Mandarin), kemampuan berpikir dan mengolah data penting perusahaan,  kemampuan public relation, manajerial skill, table manners, beauty class, presentation skill, secretarial communication, dan kemampuan lain yang bisa menunjang kinerja mereka di masa datang.

Table manner diajarkan di perkuliahan supaya mereka kelihatan luwes, anggun, dan kelihatan profesional ketika harus menghadiri jamuan makan dengan atasan, pelanggan, maupun pihak lain di luar perusahaan. Diajarkan juga public relation dan pengembangan diri dan karakter supaya mereka bisa menempatkan diri dan menjaga hubungan baik dengan pihak intern maupun ekstern perusahaan.

Karir

Peluang karir profesi ini masih sangat terbuka lebar. Hal ini terbukti dengan banyaknya peluang karir profesi sekretaris yang ditujukan kepada Politeknik UBAYA. Sebagian besar mahasiswa bahkan telah ditawari peluang pekerjaan untuk melanjutkan pekerjaan mereka di tempat magang.

Ada tiga jenis sekretaris: sekretaris pribadi, eksekutif, dan korporat. Tugas sekretaris pribadi lebih personal, yaitu membantu kegiatan administrasi pimpinan. Misalnya merencanakan agenda kegiatan pimpinan atau surat-menyurat. Sedangkan sekretaris eksekutif dan korporat memiliki kedudukan setara dengan manajer. Lulusan Prodi Sekretari Politeknik UBAYA mampu untuk berkarir di tiga bidang ini.

Sebenarnya profesi sekretaris tidak hanya terbuka untuk kaum wanita saja karena pada dasarnya profesi ini juga bisa dilakukan oleh kaum pria. Bahkan para pimpinan yang sering mengadakan negosiasi bisnis maupun tugas dinas ke luar kota lebih memilih sekretaris pria untuk menekan persepsi yang kurang positif.