Mencetak profesional yang siap kerja tak boleh hanya menjadi visi semata. Melengkapi diri dengan status akreditasi, Politeknik Ubaya terus berjuang melakukan perataan akreditasi pada semua program studi (prodi). Kali ini, Manajemen Pemasaran (MP) lah yang unjuk gigi…
Terhitung sejak Juli 2011 hingga Januari 2012, serangkaian persiapan akreditasi telah dilakoni prodi MP menyongsong jadwal pelaksanaan audit pada 30 Maret silam. Dibuka oleh Ir Benny Lianto Effendy Sabema MMBAT, Direktur Politeknik Ubaya ini menyambut dua orang asesor yaitu Iwan Mulyawan dan Maswir. Dibuka dengan penjelasan mengenai visi dan misi prodi MP, proses evaluasi pun dilakukan.
Dalam evaluasi tersebut, asesor meninjau sejauh mana visi dan misi tersebut terlaksana dengan melakukan interview pada beberapa mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Relevansi antara kurikulum yang diberikan dengan praktik di dunia kerja menjadi bahan pertimbangan utama para asesor. Selama kurang lebih satu jam menjalin perbincangan, pihak pengguna lulusan mengaku puas terhadap kinerja yang ditampilkan lulusan prodi MP. “Saya melihat semasa magang mereka memang bisa mengerti dengan cepat,” ucap Heri, salah seorang pengguna lulusan.
Tuntas menilai pendapat alumni dan pengguna lulusan, mahasiswa MP dari seluruh semester dihadirkan untuk menunjang proses evaluasi. Pada kesempatan ini, para asesor menilai kurikulum serta kriteria dosen favorit mahasiswa. Verifikasi pun dilakukan dengan peninjauan langsung ke lapangan. Asesor sendiri melihat bahwa sebagian dari alumni yang hadir telah mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh semasa kuliah dengan baik. “Cukup bagus, apalagi banyak pula yang telah berwirausaha,” kesan Maswir.
“Terakreditasinya prodi MP diharap bisa membuat lulusan lebih diakui oleh masyarakat bisnis terutama dalam hal legalitas dan kompetensi di bidang pemasaran dan penjualan,” tutup Melinda Christanti Kwan, SE, MM, Kaprodi MP. (voz/wu)